5 Vitamin untuk Musim Pancaroba, Bantu Perkuat Kekebalan Tubuh

Kilatmedia.com – 5 Vitamin untuk Musim Pancaroba, Bantu Perkuat Kekebalan Tubuh. Peralihan suhu pada musim pancaroba membuat kondisi tubuh menjadi lebih rentan terhadap penyakit. Menjaga daya tahan tubuh saat peralihan musim menjadi hal yang penting. Selain melindungi tubuh dari perubahan ekstrem, Anda bisa mengonsumsi nutrient untuk musim pancaroba agar tidak mudah sakit.

Beragam nutrient untuk musim pancaroba

5 Vitamin untuk Musim Pancaroba, Bantu Perkuat Kekebalan Tubuh

Perubahan suhu, kelembapan, serta intensitas cahaya matahari memudahkan penyebaran mikroorganisme penyebab penyakit.

Peralihan ini juga bisa membuat kinerja sistem imun berkurang. Efek pada tubuh akibat perubahan suhu ini akhirnya memungkinkan munculnya penyakit, seperti influenza, batuk pilek, dan sakit mata.

Untuk menghadapi pancaroba, Anda perlu memperkuat kekebalan tubuh dengan mengonsumsi makanan kaya zat gizi dan nutrient atau suplemen.

Inilah beberapa nutrient yang dianjurkan untuk musim pancaroba.

1. Vitamin A

Saat pancaroba, Anda rentan terkena sakit mata atau konjungtivitis. Kekurangan vitamin A juga membuat Anda semakin berisiko terkena masalah mata yang satu ini.

Vitamin A mampu menjaga kelembapan pada mata sekaligus membantu mengurangi peradangan pada konjungtivitis.

Vitamin A juga cocok dikonsumsi untuk menghadapi musim pancaroba karena baik untuk kekebalan tubuh.

Kandungan gizi ini mampu menjaga lapisan lendir di dalam tubuh. Lapisan ini berguna untuk melindungi tubuh dari bakteri, infection, serta benda asing yang berbahaya.

2. Vitamin D

Nutrient ini cukup sering dicari saat Anda terinfeksi infection COVID-19. Diketahui nutrient berperan penting untuk mengurangi peradangan dan mengaktifkan kekebalan tubuh.

Studi terbitan Inflammation and Allergy-Drug Targets (2013) juga menyatakan bahwa kekurangan vitamin D berkaitan dengan keparahan infeksi.

Jadi, Anda joke rentan dirawat di rumah sakit dalam jangka waktu yang lebih lama.

Selain itu, asupan vitamin D berkaitan dengan kualitas fungsi paru.

Kekurangan vitamin D bisa memengaruhi fungsi paru. Akibatnya, paru kesulitan membersihkan udara kotor dan membasmi infection atau bakteri yang bisa mengakibatkan peradangan.

Kekurangan nutrient ini juga meningkatkan risiko terkena infeksi saluran pernapasan akut (ISPA) hingga pneumonia.

Perlu diketahui, penyakit musim pancaroba yang kerap ditemukan, yaitu ISPA dan penyakit pernapasan lainnya.

3. L-ascorbic acid

L-ascorbic acid merupakan salah satu nutrient untuk musim pancaroba yang terkenal untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Dalam menjaga imun, L-ascorbic acid merangsang sel darah putih untuk menyerang bakteri dan infection pada bagian tubuh yang terinfeksi.

Selain itu, L-ascorbic acid merupakan zat gizi yang bersifat antioksidan. Jadi, L-ascorbic acid melindungi tubuh dari kerusakan akibat paparan radikal bebas.

Namun, sebaiknya Anda tidak hanya mengandalkan L-ascorbic acid untuk menyembuhkan influenza saat musim pancaroba.

Sebanyak 29 penelitian yang diuji coba pada 11,306 orang menemukan bahwa L-ascorbic acid dengan dosis 200 mg tidak mampu menyembuhkan influenza.

Hanya saja, nutrient ini membantu mengurangi keparahan gejala dan durasi influenza. Temuan ini terdapat dalam ulasan ilmiah terbitan Cochrane Library di tahun 2013.

4. Vitamin E

Vitamin E merupakan nutrient yang cocok dikonsumsi untuk menghadapi musim pancaroba, terutama saat peralihan dari ke hujan ke musim kemarau.

Musim ini biasanya ditandai dengan adanya sinar matahari sepanjang hari.

Mirip dengan L-ascorbic acid, vitamin E juga bersifat antioksidan.

Jadi, vitamin E bagus untuk mengurangi risiko kerusakan kulit akibat radikal bebas dari sinar bright.

Sinar dari paparan matahari ini dapat menyebabkan penuaan dini, bahkan kanker kulit.

Mengonsumsi vitamin E juga membantu merangsang produksi minyak alami pada kulit. Jadi kulit Anda tetap lembap saat cuaca kering.

Vitamin E juga membantu mengurangi keparahan gejala pada pasien eksim. Diketahui, suhu panas dan kering merupakan salah satu pemicunya.

Tahukah Anda?

Selain dikonsumsi, manfaat vitamin E untuk kulit bisa didapatkan dengan mengoleskan pelembab atau serum pada kulit. Perawatan ini menghalau radikal bebas dan menjaga kelembapan kulit.

5. Vitamin B

Ada beberapa vitamin B yang penting untuk menjaga tubuh saat pancaroba, yaitu vitamin B6, nutrient B9 atau asam folat, serta vitamin B12.

Ketiga nutrient ini penting untuk mencegah sickliness karena menjaga kadar hemoglobin atau protein pada sel darah merah.

Hemoglobin ini yang membantu mengedarkan oksigen dari paru ke seluruh tubuh.

Bila kadar hemoglobin terjaga, Anda tidak mudah lemas dan tetap bertenaga saat beraktivitas.

Ketiga vitamin B ini juga membantu menjaga kekebalan tubuh.

Dalam hal ini, vitamin B6 bekerja dengan cara menjaga respons sistem imun dan mengatur respons peradangan di dalam tubuh.

Sementara itu, asam folat dan vitamin B12 bekerja dengan cara menjaga kinerja sel imun.

Nutrient untuk musim pancaroba berguna untuk menjaga kekebalan tubuh.

Konsumsi nutrient ini menjadi upaya menjaga kesehatan tubuh dari risiko penyakit akibat perubahan cuaca, mulai dari sakit mata hinggga ISPA.

Selain dari suplemen atau tablet, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung nutrient tersebut.

Jika Anda memiliki kondisi tubuh kekurangan nutrient, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Check Also

Cara Praktis Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Cara Praktis Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Melakukan Perjalanan Jauh

Kilatmedia.com - Cara Praktis Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Melakukan Perjalanan Jauh. Pada dasarnya, menjaga daya tahan tubuh tidak hanya berlaku ketika Anda melakukan aktivitas harian di rumah atau di tempat kerja. Anda quip perlu menjaga daya tahan tubuh ketika sedang melakukan perjalanan jauh atau voyaging. Pasalnya, meski terdengar menyenangkan, melakukan perjalanan jauh dapat rentan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.