7 Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan, Digunakan di Berbagai Negara

kilatmedia.com – 7 Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan, Digunakan di Berbagai Negara. Orthosiphon stamineus Bent. atau flora kumis kucing adalah keliru satu flora herbal yang kerap digunakan sebagai obat tradisional. Dilansir berasal dari Institut Teknologi Bogor, bagian berasal dari flora kumis kucing yang kerap digunakan adalah daunnya.

Flora yang satu ini biasanya tumbuh liar, tapi sebab faedah flora kumis kucing yang tak terhitung mengakibatkan flora ini juga berlimpah dimiliki oleh orang-orang di pekarangan tempat tinggal sebagai flora obat.

Berdasarkan jurnal yang berjudul “ A Systematic Review of the Protective Actions of Cat’S Whiskers (Misai Kucing) on the Central Nervous System” oleh Yin-Sir Chung dkk, menyebutkan bahwa kumis kucing atau Orthosiphon stamineus (Os) diyakini berasal berasal dari Asia Tenggara, terutama Indonesia, Malaysia dan Thailand. Kumis kucing juga mempunyai julukan julukan yang berbeda di beragam tempat.

Sebagian nama untuk kumis kucing, terhitung “Java tea”, “Neko no hige” (Jepang), “Ma xu cao” (Cina), “Misai kucing” atau “Rukun hutan” (Malaysia), cat’s whisker, “Pa-Yab-Mek” (Thailand), “Kabling gubat/kabling parang” (Filipina”, Orthosiphon aristatus, Orthosiphon spicatus, Orthosiphon blaetter, kumis kucing, Indischer Nierentee, Feuilles de Barbiflore, dan de Java. Flora ini diyakini berasal berasal dari Asia Tenggara kemungkinan terutama gara-gara kegunaan kumis kucing udah dirasakan dan digunakan sebagai ramuan obat selama berabad-abad di negara-negara Asia Tenggara, terutama Indonesia dan Malaysia.

Flora kumis kucing punya begitu berlimpah takaran, berupa flavon, polifenol, protein bioaktif, glikosida, minyak atsiri, dan kalium di dalam jumlah besar. fungsi flora kumis kucing paling segudang didapatkan berasal dari daunnya. Hal itu sebab Orthosiphon stamineus memiliki kandungan lebih dari satu konstituen aktif, layaknya terpenoid dan polifenol.

Pengaruh terapeutik Os Sudah diakui terutama oleh polifenolnya, yang merupakan konstituen paling dominan berasal dari daun flora.

Daun Kumis kucing disebutkan di dalam penelitian “Orthosiphon stamineus benth. Is an Outstanding Food Medicine: Review of Phytochemical and Pharmacological Activities” oleh Kamran Ashraf  Dkk menyatakan kesibukan farmakologis yang terlalu baik layaknya antioksidan, antibakteri, hepatoprotektif, anti-inflamasi, sitotoksik, antihipertensi, dan vasodilatasi. lebih lengkap ulang, liputan6 udah rangkum berasal dari drhehealthbenefits.com dan beragam jurnal penelitian berkenaan fungsi flora kumis kucing, terhadap Kamis (29/9/22) adalah sebagai berikut :

Kegunaan Flora Kumis Kucing

  1. Obat Sakit Punggung

Kamu sanggup merasakan kegunaan flora kumis kucing bersama merebus daun kumis kucing bersama air. Sehabis dikonsumsi, sakit punggung akan berkurang perlahan dan Kamu juga wajib menyertainya bersama berolahraga, layaknya jogging.

2. Mempermudah Buang Air Kecil

Orthosiphon aristatus atau Orthosiphon stamineus ini baik dikonsumsi untuk menopang di dalam hal buang air kecil, terutama terhadap lansia. Bukan sporadis lansia mengalami persoalan bersama genre urin yang lemah. Supaya mengkonsumsi urin merupakan cara yang mampu dicoba.

3. Turunkan Tekanan Darah Tinggi

Ketika tekanan darah Kamu naik, untuk mengembalikan taraf tekanan darah normal, Kamu sanggup mencoba mengonsumsi rebusan daun kumis kucing tiap tiap hari maka kegunaan flora kumis kucing ini kemungkinan akan Kamu rasakan.

4. Menyembuhkan Rematik dan Peradangan Sendi

Kumis kucing miliki takaran kalsium yang tinggi. Oleh sebab tersebut, Kamu sanggup mencoba mengonsumsinya untuk menanggulangi rematik dan juga peradangan sendi.

5. Mengobati Sifilis

Penyakit sifilis mampu menyebabkan rasa sakit terhadap organ genital. Kamu sanggup mencoba menanggulangi ini bersama meminum rebusan daun kumis kucing sebanyak satu hingga dua hari sekali.

6. Obat Untuk Asam Urat

Fungsi flora kumis kucing akhirnya adalah sebagai obat tradisional asam urat. Kamu mampu konsumsi flora yang satu ini bersama dengan meminum air rebusan daun kumis kucing bersama dengan air.

7. Diabetes

Kumis kucing mampu menolong turunkan kandungan gula dan menolong insulin di dalam mengendalikannya.

Faedah Flora Kumis Kucing

7 Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan, Digunakan di Berbagai Negara

lebih lanjut lagu, tak sekedar dikonsumsi bersama merebusnya bersama dengan air, penelitian menyebutkan bahwa product kumis kucing muncul didalam bentuk tablet, kapsul, teh sachet, minuman, herbal mentah, daun kering atau ekstrak. Faedah flora kumis kucing yang lain disebutkan di dalam penelitian  Yin-Sir Chung dkk yang tentang bersama dengan anoreksia, diuretik, pengobatan untuk epilepsi, menangkal stres oksidatif dan peradangan dsb.

Terhadap penelitian Kamran Ahsraf dkk juga menyebutkan fungsi flora kumis kucing yang digunakan untuk mengobati  Sakit perut, peradangan ginjal dan kandung kemih dan edema. Didalam penelitian itu juga disebutkan bahwa kumis kucing secara sinergis menambah kegiatan tamoxifen pada sel-sel kanker payudara yang responsif hormon secara in vitro. Oleh sebab tersebut, disarankan untuk berfungsi sebagai bahan pembantu untuk mengobati kanker payudara metastasis.

Di Eropa, orang juga tak terhitung mengenakan ekstrak daun kumis kucing untuk menaikkan kesegaran dan kesehatan mereka juga menggunakannya sebagai tonik untuk batu ginjal dan kandung kemih, kasus hati dan kantung empedu, dan juga infeksi kandung kemih. Faedah flora kumis kucing juga sanggup dirasakan lewat penggunaanya untuk kurangi kolesterol.
Nah, demikian beraneka fungsi flora kumis kucing yang udah disebutkan di dalam tak terhitung penelitian. Di dalam pemanfaatan flora kumis kucing lebih lanjut, lebih baik Kamu bukan konsumsi secara hiperbola dan juga mampu mengonsultasikan kepada yang lebih pakar.

Check Also

Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Kamu Menua Lebih Cepat

Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Kamu Menua Lebih Cepat

kilatmedia.com - Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Kamu Menua Lebih Cepat. Penuaan adalah proses yang tak bukan mampu Kamu dihindari. Keriput, sendi-sendi yang berderit, dan kelelahan tentu akan berlangsung bersamaan bertambahnya usia. Tak terhitung juga yang yakin bahwa penuaan tergantung terhadap genetika, namun selagi genetika berperan di sini. Tahukah Kamu bahwa gaya hidup juga sanggup mempercepat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *