7 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mudah Mengatasinya

7 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mudah Mengatasinya

kilatmedia.com – 7 Penyebab Laptop Lemot dan Cara Mudah Mengatasinya. performa laptop akan menurun. Proses loading menjadi lambat dan pembukaan aplikasi tidak menjadi lebih cepat. Itu tandanya laptop kamu lemot, tapi jangan khawatir dan buru-buru menggantinya dengan yang baru. Performa laptop yang lemot memang sangat mengganggu, apalagi bagi kita yang sering menggunakan laptop untuk bekerja atau kuliah.

Selain dapat mengganggu produktivitas sehari-hari, tentunya di masa pandemi saat ini semua aktivitas lebih sering dilakukan secara online. Tentu saja, Anda membutuhkan laptop untuk kebutuhan sehari-hari.

Penyebab Laptop Lemot

Perlu diperhatikan bahwa penyebab laptop lemot juga bisa dipengaruhi oleh faktor laptop yang sudah lama atau tidak terawat dengan baik. Selain itu juga bisa dipengaruhi oleh penggunaan laptop yang terlalu sering dan tidak diperhatikan dengan baik. Oleh karena itu, Anda juga harus mengetahui apa saja penyebab laptop lemot dan cara mengatasi laptop lemot yang mudah dan efektif. Berikut penyebab laptop lemot dan cara mengatasinya:

1. Hard Disk

Penyebab laptop lemot yang sering kita ketahui adalah masalah pada harddisk. Anda harus mencari tahu apakah hard disk tersebut sudah tua atau belum, jika hard disk tersebut sudah lama maka perlu dilakukan penggantian. Karena hard disk sendiri juga memiliki batasan umur, sedangkan hard disk yang sudah tua juga mempengaruhi kinerja laptop.

Hard disk yang sudah lama biasanya disebabkan oleh hard disk yang mengalami defragment sehingga dapat membuat proses membaca data Anda menjadi lebih lambat. Dan ketika sedang melakukan proses pencarian data, sistem komputer akan mencari data yang tersimpan di hard disk. Sehingga jika tidak melalui proses defragmentasi akan membuat data tersimpan acak dan lama untuk mencarinya.

2. Harddisk Penuh

Hardisk yang penuh juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot, selain harddisk ada batasan umur, ternyata harddisk juga ada batasan kapasitasnya. Jika hard disk sudah penuh hingga 95%, besar kemungkinan laptop Anda akan semakin lemot. Untuk mengatasi laptop lemot karena hard disk penuh, Anda juga harus mendefrag hard disk minimal satu atau dua kali dalam seminggu. Dengan mengetikkan Disk Defragmenter pada Start Menu, maka Anda dapat melakukannya secara terjadwal.

3. Terlalu Banyak File Sementara

Ternyata penyebab laptop lemot juga bisa terjadi karena terlalu banyak menyimpan temporary file. Sebenarnya file temporary ini sangat berguna untuk mempercepat akses data pada situs yang pernah anda kunjungi, namun file temporary ini juga bisa menyebabkan laptop anda menjadi lemot. Karena hard disk Anda hampir penuh, file-file sementara ini akan mengambil ruang hard disk yang tersisa dan digunakan sebagai file halaman dan dapat membantu RAM menjalankan berbagai program. Nah untuk mengatasi hal tersebut, Anda juga memerlukan sebuah alat untuk membersihkan file-file sementara.

4. Ukuran RAM terlalu kecil

Penyebab laptop lemot selanjutnya adalah RAM terlalu kecil, jika kapasitas kebutuhan file kita besar atau banyak, kita perlu memperhatikan ukuran RAM untuk laptop tersebut. Besarnya RAM juga menjadi faktor penting untuk kecepatan, Anda juga bisa mengganti RAM kecil Anda dengan RAM yang lebih besar. Sebelum mengganti RAM yang besar, Anda juga perlu mengetahui ukuran RAM dan dapat menyesuaikannya dengan laptop Anda.

5. Terlalu Banyak Program Startup

Selain itu, jika Anda sering menjalankan program, itu juga salah satu penyebab laptop lemot. Hal ini dikarenakan beberapa aplikasi akan berjalan di latar belakang secara otomatis saat Anda menyalakan laptop. Kadang-kadang ketika Anda menyalakan laptop Anda, itu akan membuat laptop Anda semakin lambat karena membutuhkan waktu 2-3 menit, ditambah dengan beberapa masalah waktu loading yang lama setelah aplikasi dimulai.

Banyaknya aplikasi yang berjalan saat startup akan membuat RAM berusaha mengalokasikan space yang dimilikinya saat aplikasi tersebut startup. Nah selain itu, jika jarang membuka aplikasi dalam satu waktu juga menjadi salah satu penyebab laptop lemot.

6. Jarang Update OS

Selain aplikasi startup yang terlalu sering, jika OS jarang diupdate juga bisa menjadi salah satu penyebab laptop lemot. Bagi pengguna laptop Windows atau MacOS, Anda juga perlu memperhatikan sistem operasi untuk memperbaruinya. Hal ini juga dapat memperbaiki kekurangan yang terjadi pada laptop.

7. Browser Terlalu Berat

Untuk penyebab laptop lemot yang terakhir, bisa juga terjadi karena browser terlalu berat. Saat Anda membuka browser, Anda dapat membuka banyak tab dan mengaksesnya sekaligus. Itu juga dapat membebani RAM. Misalnya, jika Anda membuka 10 tab sekaligus, itu akan membuat beban RAM sepuluh kali lipat.

Check Also

Cara Melaporkan Penipuan Online yang Cepat dan Efektif, Segera Bertindak

Cara Melaporkan Penipuan Online yang Cepat dan Efektif, Segera Bertindak

kilatmedia.com - Cara Melaporkan Penipuan Online yang Cepat dan Efektif, Segera Bertindak. Cara melaporkan penipuan online wajib anda pahami di sedang maraknya persoalan kejahatan siber ini. Terbaru, tengah heboh penipuan berkedok undangan pernikahan digital yang biasanya disebar lewat pelaksanaan Whatsapp. Di dalam hal ini, anda pasti harus waspada bila terima pesan berasal dari orang yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *