7 Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Baik

7 Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Baik

kilatmedia.com – 7 Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Baik. Siapa yang tidak memiliki smartphone saat ini? Menurut sebuah lembaga riset, Indonesia berada di peringkat kelima dalam daftar pengguna smartphone terbesar di dunia. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat Indonesia adalah pengguna smartphone yang sangat tinggi. Namun, apakah angka yang tinggi ini meningkatkan produktivitas pengguna smartphone itu sendiri? Atau malah menurunkan produktivitas?

7 Tips Menjadi Pengguna Smartphone yang Baik

Mungkin kamu harus melakukan riset terlebih dahulu untuk mengetahui jawabannya. Yang terpenting adalah pengguna smartphone harus lebih pintar dalam menggunakan smartphone. Bagaimana caranya? Simak tips berikut ini.

1. Gunakan aplikasi yang mendukung aktivitas kamu

Dalam layanan playstore di smartphone banyak sekali aplikasi menarik yang ditawarkan. Mulai dari aplikasi media sosial, fotografi, hingga aplikasi yang mendukung kinerja smartphone. Dari sekian banyak aplikasi yang ditawarkan, kita harus pandei memilih mana yang sebenarnya kita butuhkan. Hal ini bertujuan untuk memaksimalkan pemanfaatan smartphone.

2. Hapus aplikasi yang tidak terlalu penting

Banyaknya aplikasi menarik yang ditawarkan, terkadang membuat pengguna smartphone hanya mendownload aplikasi tersebut. Padahal, terlalu banyak aplikasi bisa menyebabkan kinerja smartphone menjadi lambat. Jadi, hapus aplikasi yang tidak terlalu penting.

3. Gunakan saat kamu membutuhkannya

Banyak orang menggunakan smartphone mereka saat mengemudi. Hal ini sangat tidak aman bagi keselamatan pengguna kendaraan di jalan. Selain itu, saat hang out bersama teman, ada juga orang yang masih fokus dengan smartphone-nya. Sebagai pengguna smartphone yang cerdas, kamu harus tahu kapan harus menggunakan alat dan kapan harus meninggalkannya untuk sesuatu yang lebih penting.

4. Manfaatkan waktu luang kamu

Saat menunggu kereta datang dan tidak membawa buku bacaan, kamu bisa menggunakan smartphone untuk menelusuri informasi menarik melalui aplikasi browser. Daripada hanya mengupdate sesuatu yang tidak penting di media sosial, lebih baik gunakan smartphone kamu untuk mengupdate berita terbaru agar wawasan kamu bertambah.

5. Gunakan untuk berbagi

Berbagi bisa menjadi sangat mudah ketika kamu memperhatikan hal-hal kecil di sekitar kamu. Ketika kamu menemukan informasi menarik, kamu dapat membagikannya kepada teman-teman kamu melalui aplikasi media sosial di smartphone kamu. Jadi, selain menjadi pengguna smartphone yang bijak, kamu juga bisa menjadi pengguna media sosial yang bijak.

6. Tinggalkan smartphone sebelum tidur

Salah satu penyebab manusia sulit tidur adalah smartphone. Dengan adanya smartphone, orang cenderung ingin selalu mengecek apa yang ada. Padahal, waktu sebelum tidur sebaiknya digunakan untuk merilekskan tubuh dan pikiran, tanpa ada gangguan. Selain itu, agar kualitas tidur tetap terjaga, terapkan mode silent pada smartphone kamu sebelum tidur agar tidak terganggu oleh suara notifikasi dari smartphone.

7. Ingatlah bahwa smartphone hanyalah alat

Kehadiran teknologi dalam kehidupan manusia sebenarnya untuk memudahkan aktivitas manusia. Alih-alih mengubah pola hidup manusia menjadi kurang produktif dan hanya terfokus pada hal-hal yang kurang bermanfaat. Tak jarang orang menggunakan smartphone secara berlebihan dan seolah tidak ingin lepas darinya. Gunakan smartphone kamu karena berfungsi sebagai alat untuk memudahkan aktivitas kamu

Check Also

Fakta atau Mitos, Dengar Musik Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur

Fakta atau Mitos, Dengar Musik Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur?

kilatmedia.com - Fakta atau Mitos, Dengar Musik Bisa Tingkatkan Kualitas Tidur?. Berlimpah orang menyukai musik, berasal dari kalangan usia berapa pun. Lebih-lebih, kami tentu punyai satu lagu kesukaan yang hampir tiap tiap hari kami putar berulang kali. Musik adalah bentuk seni yang kuat. Walaupun dapat dibilang menyita pas kami, mendengarkan musik juga punya efek yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *