Begini Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu Agar Tidak Tertipu

Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu Agar Tidak Tertipu

kilatmedia.com – Begini Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu Agar Tidak Tertipu. Samsung memiliki beragam model ponsel yang dipasarkan mulai dari kelas entry hingga flagship yang masing-masing bisa menjadi pilihan tepat saat kita membutuhkan perangkat baru.

Hanya saja saat mempertimbangkan ponsel besutan Samsung memang harus sedikit hati-hati karena ada beberapa tiruan yang biasa disebut HDC atau supercopy, apalagi jika mencari perangkat kelas flagship.

Perangkat palsu ini biasanya dijual dengan harga yang sangat jauh dari aslinya. Untungnya kebanyakan seller tidak lupa menyertakan keterangan bahwa HP yang dijualnya adalah HDC atau supercopy agar tidak ada komplain nantinya.

Meski begitu, sayangnya masih ada penjual yang curang untuk mendapatkan lebih. Menjual ponsel palsu ini dengan label asli yang seringkali membuat mereka terbebani dengan harga perangkat aslinya tentu sangat merugikan.

HDC atau supercopy memang sudah umum saat belanja handphone online seperti antar dan sejenisnya. Namun karena tampilan luarnya sangat mirip, tentunya Anda tetap perlu berhati-hati agar tidak salah pilih dan kecewa.

Membedakan HP Samsung asli dan palsu ini untungnya cukup mudah dilakukan, apalagi jika kita benar-benar memegang perangkat yang dimaksud. Sedangkan untuk kamu yang masih bingung, kamu bisa menyimaknya pada penjelasan berikut ini.

Cara Cek Hp Samsung Asli Atau Palsu

Pemeriksaan Fisik

Karena dipasarkan dengan harga yang sangat berbeda, perangkat Samsung palsu umumnya menggunakan bahan yang jauh lebih murah. Kualitas build atau material manufaktur yang ditawarkan juga seringkali terlihat cukup ceroboh.

Sebagian besar ponsel Samsung menengah ke atas misalnya sudah menggunakan layar Super AMOLED, meski berbeda-beda untuk setiap tipe. Jenis panel ini cukup mahal sehingga para tiruan mengakalinya dengan menggunakan teknologi IPS atau PLS yang memiliki kualitas gambar lebih rendah.

Dengan memegang atau melihatnya secara langsung, kita juga harus bisa membedakan kualitasnya. Terlebih lagi, beberapa di antaranya terkadang menggunakan desain yang sedikit berbeda, misalnya bentuk layar, penempatan tombol, atau logo.

Periksa Software

Selain pengecekan fisik, kita juga bisa mengetahui software yang digunakan oleh perangkat yang bersangkutan. Hp Samsung keluaran terbaru umumnya menggunakan antarmuka sistem One UI yang memiliki beberapa fitur, menu, dan aplikasi khusus.

Ponsel palsu memang akan menggunakan tampilan yang mirip. Namun, umumnya ada beberapa fitur, menu, atau aplikasi yang tidak dapat disalin dari antarmuka sistem One UI.

Cara termudah untuk memastikannya adalah dengan menonton berbagai video review tentang fitur dan tampilan One UI di Youtube. Kemudian bandingkan dengan antarmuka sistem yang terpasang di ponsel terkait.

Kamu juga bisa melihat versi sistem operasi yang digunakan, apakah sudah sesuai dengan yang seharusnya ada di HP Samsung atau tidak.

  • Periksa Spesifikasi
  • Instal aplikasi CPU-Z
  • Jalankan aplikasi setelah diinstal
  • Berikan izin yang diperlukan
  • Masuk ke tab Soc
  • Bandingkan CPU dengan data spesifikasi ponsel di internet
  • Periksa spesifikasi lainnya jika diperlukan

Umumnya spesifikasi yang digunakan oleh HP Samsung palsu akan sangat berbeda dengan aslinya. Termasuk yang paling menonjol adalah chipset yang digunakan sebagai pacu sebagai bentuk pengurangan harga agar murah.

Untuk melakukannya, kita bisa menggunakan bantuan dari layanan pihak ketiga seperti CPU-Z yang tersedia gratis di Google Play Store seperti yang sudah dijelaskan di atas. Sebagai alternatif, kita juga bisa menggunakan Aida64 dan Antutu untuk melihat spesifikasi ponsel tersebut.

Periksa IMEI atau Garansi

Jika perangkat yang dibeli masih dalam kondisi baru, maka kita juga bisa menentukan apakah ponsel tersebut asli atau palsu dengan mengecek garansinya. Soalnya, Samsung akan memberikan dukungan purna jual untuk setiap ponsel yang mereka produksi.

Selain bisa mengetahui apakah perangkat masih dalam masa garansi, cara ini juga bisa digunakan untuk mengetahui apakah IMEI ponsel terdaftar sebagai Samsung atau tidak. Dengan begitu kita bisa menentukan apakah ponsel tersebut asli atau palsu karena IMEI adalah nomor yang unik.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan, antara lain menggunakan aplikasi Samsung Member, menghubungi contact center, atau menggunakan layanan pihak ketiga seperti https://www.imei.info/.

Check Also

Cara Melaporkan Penipuan Online yang Cepat dan Efektif, Segera Bertindak

Cara Melaporkan Penipuan Online yang Cepat dan Efektif, Segera Bertindak

kilatmedia.com - Cara Melaporkan Penipuan Online yang Cepat dan Efektif, Segera Bertindak. Cara melaporkan penipuan online wajib anda pahami di sedang maraknya persoalan kejahatan siber ini. Terbaru, tengah heboh penipuan berkedok undangan pernikahan digital yang biasanya disebar lewat pelaksanaan Whatsapp. Di dalam hal ini, anda pasti harus waspada bila terima pesan berasal dari orang yang [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *