Manfaat Buah Jeruju dan Seluruh Bagian Tanamannya untuk Kesehatan

Kilatmedia.com – Manfaat Buah Jeruju dan Seluruh Bagian Tanamannya untuk Kesehatan. Manfaat buah jeruju, daun, akar, dan seluruh bagian tanamannya berpotensi sebagai antikanker, antioksidan, dan antibakteri.

Buah jeruju mungkin terdengar asing di telinga Anda. Namun, buah ini disinyalir memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh. Selain buahnya, bagian daun, akar, maupun biji tanaman jeruju juga dinilai berkhasiat. Benarkah demikian?

Apa itu buah jeruju?

Buah jeruju atau daruju adalah buah yang berasal dari tanaman semak kecil Acanthus ilicifolius. Tanaman ini tumbuh liar di daerah pantai, tepi sungai, maupun tempat lain yang tanahnya berlumpur dan berair payau.

Tanaman jeruju memiliki batang yang agak lemas dan permukaannya licin. Tinggi batang ini sekitar 0,5-2 meter, serta berwarna kecokelatan dengan duri panjang dan runcing.

Akarnya berupa akar tunggang yang berwarna putih kekuningan. Taman ini juga mempunyai daun panjang dengan tepi bergerigi dan ujung yang lancip. Warnanya hijau mengkilap dengan sedikit kekuningan.

Sementara itu, bunganya keluar dari ujung batang dan memiliki mahkota berwarna ungu kebiruan yang cantik.

Tanaman ini juga mempunyai buah berbentuk bulat seperti telur yang warnanya hijau cerah dengan panjang sekitar 3 cm. Di dalamnya terdapat 2-4 biji buah berukuran kecil.

Manfaat buah jeruju untuk kesehatan

Manfaat Buah Jeruju dan Seluruh Bagian Tanamannya untuk Kesehatan

Buah, daun, batang, dan akar jeruju mengandung senyawa bioaktif, seperti triterpenoid, alkaloid, fenolik, lignan,

flavonoid, steroid, dan terpenoid di dalamnya.

Berikut adalah manfaat buah jeruju, daun, dan tanamannya secara keseluruhan untuk kesehatan tubuh:

1. Berpotensi antikanker

Seluruh bagian tanaman jeruju telah diteliti untuk menemukan potensinya bagi kesehatan manusia, terutama dalam menghambat pertumbuhan sel growth dan kanker.

Sebuah studi dalam Research Journal of Pharmaceutical, Biological, dan Chemical Sciences tahun 2021, menyatakan akar, buah, daun, bunga, dan batang jeruju dapat menghambat pertumbuhan growth dan kanker karena kandungan bioaktif di dalamnya.

2. Antioksidan alami

Bukan hanya daun jeruju, batang, bunga, dan buahnya juga dapat digunakan sebagai antioksidan alami.

Ekstrak metanol jeruju mengandung zat fenolik yang terkelompok sebagai senyawa antioksidan.

Antioksidan berperan dalam melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kerusakan pada sel tubuh. Senyawa tersebut mengirim proton ke radikal bebas untuk menangkapnya.

Sehingga, tanaman jeruju dikategorikan sebagai agen antioksidan yang baik dan potensial.

3. Antibakteri

Beberapa penelitian telah dilakukan untuk menguji aktivitas antibakteri pada ekstrak seluruh bagian tanaman jeruju.

Hasil menunjukkan bahwa tanaman tersebut dengan menggunakan pelarut ekstrak metanol memiliki kemampuan sedang untuk menghambat berbagai bakteri pengurai strain Aspergillus.

Sementara itu, ekstrak akar dan daun jeruju dengan pelarut alkohol, butanol, dan klorofom menunjukkan aktivitas antimikroba yang kuat terhadap Bacillus subtilis, Staphylococcus aureus, Candida albicans, Aspergillus fumigatus, dan Aspergillus niger.

Sebagian senyawa bioaktif di dalamnya, seperti tanin, saponin, dan flavonoid, juga berperan dalam aktivitas antibakteri.

4. Obat cacingan

Akar tumbuhan jeruju dinilai dapat digunakan sebagai obat cacingan.

Dalam Jurnal Protobiont tahun 2014, disebutkan bahwa kandungan saponin di dalam akar jeruju dapat menyebabkan sel pada cacing menjadi rusak sehingga perlahan mati.

Untuk menggunakannya sebagai obat cacing, rebus akar jeruju kering dengan dua gelas air, kemudian tambahkan 5 helai daun jeruju.

Larutan tersebut dapat dikonsumsi dua kali sehari. Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitasnya.

5. Obat hepatitis

Daun dan akar tanaman jeruju juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat hipertensi dan hepatitis. Hal itu berasal dari kandungan flavonoid dan fenol di dalamnya.

Kedua kandungan ini berfungsi sebagai antivirus, antihipertensi, dan memiliki efek pengobatan terhadap gangguan hati.

6. Obat bisul

Bunga dan buah jeruju dapat dimanfaatkan untuk mengobati penyakit bisul. Kandungan saponin, flavonoid, dan fenol di dalamnya dapat membantu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bisul dan jerawat.

Untuk menggunakan obat bisul alami ini, Anda dapat menumbuk bunga dan buah jeruju, kemudian oleskan pada bisul.

Buah jeruju juga bisa diminum dengan air yang diklaim berkhasiat untuk membersihkan darah pada bisul.

Itulah beberapa manfaat buah jeruju dan seluruh bagian tanamannya. Namun, sebelum menggunakan tanaman ini untuk pengobatan, sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter apakah dapat digunakan sebagai tambahan pengobatan.

Check Also

7 Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan, Digunakan di Berbagai Negara

7 Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan, Digunakan di Berbagai Negara

kilatmedia.com - 7 Manfaat Tanaman Kumis Kucing untuk Kesehatan, Digunakan di Berbagai Negara. Orthosiphon stamineus Bent. atau flora kumis kucing adalah keliru satu flora herbal yang kerap digunakan sebagai obat tradisional. Dilansir berasal dari Institut Teknologi Bogor, bagian berasal dari flora kumis kucing yang kerap digunakan adalah daunnya. Flora yang satu ini biasanya tumbuh liar, [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.