Manfaat Kacang Hijau Untuk Asam Lambung

Manfaat Kacang Hijau Untuk Asam Lambung

kilatmedia.com – Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung. Manfaat kacang hijau untuk asam lambung adalah karena kandungan nutrisi dan antioksidan yang beragam di dalamnya. Jika Anda menderita asam lambung dan gejalanya sering kambuh, kacang yang satu ini bisa menjadi makanan yang ampuh untuk mengatasi gejala asam lambung naik.

Selain rasanya yang nikmat dan murah, kacang hijau bisa memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Berbagai kandungan nutrisi di dalamnya diketahui penting untuk kesehatan pencernaan, seperti perut. Meski begitu, keefektifannya dalam mengatasi gejala asam lambung masih membutuhkan penelitian serupa.

Kandungan Gizi Kacang Hijau

Sebelum memahami manfaat kacang hijau untuk asam lambung, mari kita simak dulu beragam kandungan nutrisi di dalamnya. Dalam 1 cangkir atau 200 gram kacang hijau rebus terdapat 200 kalori dan berbagai vitamin esensial lainnya, diantaranya:

  • 1 gram lemak
  • 15 gram protein
  • 39 gram karbohidrat
  • 15 gram serat
  • 530 mg potasium

Selain itu, kacang hijau juga kaya akan folat, mangan, vitamin B kompleks, dan antioksidan yang terdiri dari asam fenolik, flavonoid, asam caffeic, dan asam cinnamic.

Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Kacang hijau merupakan makanan yang enak untuk penderita asam lambung, karena mengandung banyak vitamin namun rendah lemak. Pasalnya, makanan yang tinggi lemak pasti bisa menyebabkan atau memperparah gejala asam lambung naik.

Sama seperti jenis kacang lainnya, kacang hijau mengandung karbohidrat kompleks untuk membantu pertumbuhan bakteri yang diinginkan di dalam usus. Karbohidrat jenis ini juga mudah dicerna, sehingga bisa mencegah perut kembung.

Selain itu, kacang hijau juga mengandung beragam jenis antioksidan yang telah disebutkan sebelumnya. Zat dalam makanan tersebut diketahui penting untuk meredakan infeksi yang timbul akibat produksi asam lambung berlebih.

Semua manfaat tersebut membuat kacang hijau menarik untuk dikonsumsi dengan menggunakan manusia penderita asam lambung atau GERD untuk mengatasi gejala yang muncul, antara lain rasa panas di dada, nyeri perut kiri atas, dan perut kembung.

Cara Dapatkan Manfaat Kacang Hijau untuk Asam Lambung

Cara mendapatkan khasiat kacang hijau untuk asam lambung ini cukup mudah. Anda hanya perlu menghaluskan dan merebus kacang hijau hingga rasanya empuk, kurang lebih selama 20 menit. Selanjutnya, Kamu bisa mengolahnya menjadi bubur atau jus.

Namun, untuk mendapatkan manfaat kacang hijau untuk meredakan asam lambung, sebaiknya Anda tidak lagi mengonsumsi kacang hijau dengan santan atau gula berlebihan. Keduanya tentu bisa memperparah tanda dan gejala asam lambung yang membuncit.

Perlu diingat, cara mencuci kacang hijau juga perlu diperhatikan. Kacang hijau merupakan salah satu jenis tauge yang harus dibersihkan dengan baik agar terhindar dari kontaminasi kuman, antara lain bakteri Salmonella dan Escherichia coli. Kontaminasi bakteri ini tentu bisa menyebabkan diare, mual, dan kram perut.

Meski tidak sering menimbulkan reaksi alergi, mereka yang alergi kacang tanah atau kedelai juga bisa alergi kacang hijau. Nah, bagi Anda yang memiliki riwayat alergi terhadap berbagai jenis kacang, tidak dianjurkan untuk mengonsumsi kacang hijau.

Check Also

Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Kamu Menua Lebih Cepat

Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Kamu Menua Lebih Cepat

kilatmedia.com - Kebiasaan Sehari-Hari yang Bikin Kamu Menua Lebih Cepat. Penuaan adalah proses yang tak bukan mampu Kamu dihindari. Keriput, sendi-sendi yang berderit, dan kelelahan tentu akan berlangsung bersamaan bertambahnya usia. Tak terhitung juga yang yakin bahwa penuaan tergantung terhadap genetika, namun selagi genetika berperan di sini. Tahukah Kamu bahwa gaya hidup juga sanggup mempercepat [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *