Meta Bikin Mesin Cek Fakta Berbasis AI untuk Verifikasi Konten Wikipedia

kilatmedia.com – Meta Bikin Mesin Cek Fakta Berbasis AI untuk Verifikasi Konten Wikipedia.

Komunitas Wikipedia sempat diselimuti skandal terhadap 2020, ketika terungkap ada seorang remaja AS udah menulis 27.000 entri dalam bahasa yang tidak mereka kuasai.

Hal ini mengingatkan bahwa ensiklopedia online tidaklah sumber info yang paripurna.

Terkadang, orang akan mencoba untuk mengedit entri Wikipedia gara-gara niat dursila, namun kerap kali kesalahan faktual berkunjung berasal dari lebih dari satu individu yang bermaksud baik tetapi membawa dampak kesalahan.

Untuk menangani kasus itu Wikimedia Foundation bermitra dengan corporate orang tua Facebook, Meta. Mengutip Engadget, Rabu (13/7/2022), keduanya berfokus terhadap kutipan.

Masalahnya, segudang footnotes Wikipedia yang mesti diverifikasi oleh editor sukarelawan di sistem. Dengan web web site yang tumbuh lebih berasal dari 17.000 artikel tiap tiap bulan, tak terhitung kutipan yang tak termasuk jumlahnya ditemukan tidak lengkap, hilang, atau tidak seksama.

Meta mengembangkan mesin cek fakta berbasis kecerdasan protesis (Artificial intelligence/ai) yang secara otomatis sanggup memindai kutipan di dalam skala besar untuk memverifikasi keakuratannya.

AI juga mampu menyarankan kutipan alternatif ketika menemukan bagian yang sumbernya buruk. Ketika editor manusia Wikipedia mengevaluasi kutipan, mereka mengandalkan akal sehat dan pengalaman.

Ketika AI lakukan pekerjaan yang serupa, ia memakai tipe transformasi Natural Language Understanding (Nlu) yang mencoba mengerti beraneka interaksi kata dan frasa dalam suatu kalimat.

Basis information Sphere, yang terdiri berasal dari lebih berasal dari 134 juta halaman situs, bertindak sebagai indeks ilmu platform. Kala menjalankan tugasnya untuk memeriksa kutipan di dalam suatu artikel, tipe ini dirancang untuk menemukan satu sumber guna memverifikasi tiap-tiap klaim.

Wikipedia Hentikan Fitur Sumbangan Kripto

Meta Bikin Mesin Cek Fakta Berbasis AI untuk Verifikasi Konten Wikipedia

Sebelumnya, Wikimedia Foundation sudah menghentikan penerimaan segera cryptocurrency sebagai sumbangan. Yayasan tersebut mulai terima Bitcoin sebagai sumbangan semenjak Juli 2014.

Yayasan Wikimedia adalah organisasi nirlaba yang menyelenggarakan wikipedia dan project ilmu perdeo lain. Wikipedia sendiri adalah ensiklopedia online perdeo  dengan lebih berasal dari 200 ribu kontributor sukarelawan.

Organisasi itu memposting pembaruan di halaman Wikipedia terhadap 1 Mei 2022 soal pemberitahuan berkenaan pemberhentian sumbangan kripto.

“Kita mulai terima cryptocurrency secara segera terhadap tahunan 2014 berdasarkan permintaan berasal dari sukarelawan dan komunitas donor kita. Kita sebabkan peraturan ini berdasarkan umpan balik terbaru berasal dari komunitas yang serupa,” tulis Wikipedia, dikutip berasal dari Bitcoin.Com, Sabtu (21/5/2022).

“Secara spesifik, kita akan menutup akun Bitpay kita, yang akan menghapus kemampuan kita untuk secara segera terima cryptocurrency sebagai metode donasi,” lanjut isi pengumuman.
Seorang editor Wikipedia, Molly White menjelaskan ketentuan tersebut keluar berasal dari diskusi selama tiga bulan yang dimulai terhadap 10 Januari lalu. Diskusi itu berakhir terhadap 12 April.

“Keseluruhan 400 pengguna berpartisipasi, walaupun sebagian adalah pengguna tunggal. akun tujuan dibuat sekedar untuk diskusi,” katanya.

Halaman permintaan komentar komunitas Wikimedia menjelaskan argumen generik yang menolong penghentian penerimaan sumbangan kripto terhitung persoalan kelestarian lingkungan.

Layaknya diketahui teknologi kripto berlimpah dikecam gara-gara pemakaian daya di dalam jumlah besar yang disebut sanggup merusak lingkungan.

Di sisi lain, udah tak terhitung argumen dan bukti yang menyatakan sebagian kripto memanfaatkan kekuatan terbarukan akan lebih ramah lingkungan di dalam proses pembuatannya.

Tiap tiap ketentuan investasi ada di tangan pembaca. Pelajari dan analisis sebelum membeli dan menjual Kripto. Kami tidak bertanggung jawab atas laba dan kerugian yang timbul berasal dari peraturan investasi.

Rusia Denda Wikipedia Rp 1,3 Miliar

Belum lama ini, Pengadilan Moskow menuntut Wikipedia menghapus info perihal pencaplokan Rusia Ke Ukraina. Yayasan nirlaba Wikimedia, yang menaungi Wikipedia, sesudah itu mengajukan banding pada aturan.

Mengutip Voa Indonesia, Rabu (15/6/2022), banding diajukan gara-gara wikimedia berpendapat warga global punyai hak untuk memahami fakta-fakta perang itu.

Pengadilan Moskow mendenda wikimedia foundation sebesar 5 juta rubel atau lebih kurang Rp 1,3 miliar sebab menampik menghapus artikel Wikipedia berbahasa Rusia berkenaan perang terhitung “Pencaplokan Rusia ke Ukraina”, “Kejahatan Perang selama Pencaplokan Rusia ke ukraina” dan “Pembantaian di Bucha.”

Moskow mengatakan info-info itu merupakan disinformasi.

“Ketetapan ini menyiratkan bahwa sumber info yang baik dan terverifikasi di Wikipedia yang tidak bersamaan dengan  keterangan yang diberikan pemerintah rusia merupakan disinformasi,” Stephen Laporte, Associate General Counsel di Wikimedia Foundation, mengatakan di dalam suatu pernyataan.

Wikipedia, yang mengatakan sudah menawarkan “Sejarah draf kedua,” adalah tidak benar satu berasal dari sedikit sumber info berbahasa Rusia yang digunakan warga negara itu untuk memverifikasi fakta berkenaan perang rusia Ukraina Yang sementara ini masih terjadi, sehabis tindakan keras yang dilaksanakan Kremlin pada sejumlah media di Moskow.

“Pemerintah menarget kabar yang signifikan bagi kehidupan penduduk di jaman krisis,” kata Laporte. “Kita mendesak pengadilan untuk mempertimbangkan ulang untuk menunjang hak tiap-tiap orang atas akses ilmu dan kebebasan berekspresi.”

Pengadilan Moskow berpendapat bahwa apa yang disebut sebagai disinformasi di Wikipedia menimbulkan risiko bagi ketertiban generik di Rusia dan bahwa Yayasan, yang berkantor pusat di San Francisco, California, beroperasi didalam wilayah Rusia.

Yayasan tersebut dituntut di bawah undang-undang Rusia mengenai kegagalan untuk menghapus berita yang dilarang.

Persoalan ini dibawa oleh regulator komunikasi Rusia Roskomnadzor.

Banding Wikipedia

Banding Wikipedia, yang diajukan terhadap 6 Juni, berpendapat bahwa menghapus berita adalah pelanggaran hak asasi manusia. Wikipedia mengatakan Rusia tidak punya yurisdiksi atas Wikimedia Foundation, yang ada secara dunia di dalam lebih berasal dari 300 bahasa.

Berita yang terdapat Wikipedia ditulis dan diedit oleh sukarelawan.
Narasi perang di Ukraina, pencaplokan darat terbesar di Eropa semenjak Perang Global Kedua, hadir di dalam info yang bervariasi secara drastis — dan udah terlalu dipolitisasi  dengan jurnalis asal Rusia dan negara-negara Barat secara rutin dituduh tidak benar di dalam melaporkan info perihal perang itu. ​

Ukraina mengatakan pihaknya adalah korban perampasan tanah gaya kekaisaran yang tidak beralasan oleh Rusia, namun Kiev akan berjuang hingga akhir untuk merebut lagi wilayah yang udah diduduki pasukan Rusia. Kiev udah berulang kali meminta pertolongan Barat untuk memerangi Rusia.

Presiden Vladimir Putin dan pejabat Rusia tidak kenakan kata “Perang” atau “Pencaplokan.” Mereka menyebutnya sebagai “Operasi militer spesifik” yang bertujuan untuk menghambat penganiayaan pada penutur bahasa Rusia di Ukraina timur.

Putin juga mengatakan konflik itu adalah titik balik dalam sejarah Rusia: pemberontakan Moskow melawan Amerika Perkumpulan, yang menurutnya udah mempermalukan Rusia semenjak jatuhnya Uni Soviet terhadap 1991 dan mendorong untuk memperbesar aliansi militer Nato.

Ukraina dan pendukung Baratnya menyangkal klaim Moskow bahwa penutur bahasa Rusia dianiaya. Kiev mengatakan pasukan Rusia sudah jalankan kejahatan perang, terhitung pembunuhan, penyiksaan dan pemerkosaan di sebagian wilayah layaknya Bucha.

Check Also

Keuntungan Menggunakan Jasa Desain Rumah, Apa Saja

Keuntungan Menggunakan Jasa Desain Rumah, Apa Saja?

kilatmedia.com - Keuntungan Menggunakan Jasa Desain Rumah, Apa Saja?. Ketika Kamu membangun tempat tinggal baru atau idamkan merenovasi tempat tinggal yang sekarang dihuni, mengenakan jasa arsitek tempat tinggal adalah keliru satu ketetapan signifikan yang mesti Kamu pertimbangkan bersama matang. Gara-gara, jasa arsitek akan mengimbuhkan beragam kegunaan atau laba. Kecuali begitu, apa saja ya laba mengenakan [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.