Tahukah Anda, Apa Itu Juncto?

kilatmedia.com – Tahukah Anda, Apa Itu Juncto?. Juncto adalah istilah hukum yang dipakai di dalam menerapkan pasal aturan perundang-undangan.
Istilah ini kerap muncul di antara dua pasal keputusan perundang-undangan. Misalnya,&Nbsp;Pasal 338 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (Kuhp) juncto Pasal 55 Kuhp.

Kemudian, apa arti juncto?  Bagaimana penerapan kata juncto?

Apa tersebut juncto?

Tahukah Anda, Apa Itu Juncto

merujuk terhadap Kamus Besar Bahasa Indonesia (Kbbi), arti kata juncto adalah “Perihal bersama dengan”, “Mengenai bersama”, dan juga “Bertalian bersama dengan”.

Saat tersebut, menurut JCT Simorangkir dkk di dalam buku Kamus Hukum (1983), juncto vital “Bertalian bersama”, dan juga “Berhubungan bersama dengan”.

Bersama dengan kata lain, juncto digunakan untuk menjelaskan pasal yang berhubungan satu serupa lain maupun mengaitkan antara pasal satu bersama dengan pasal lainnya.
Adapun pemanfaatan kata juncto, biasa disingkat jadi “Jo.”.

Pemanfaatan juncto

mengaitkan pasal satu bersama lainnya, namun pemakaian juncto tak sekedar terbatas terhadap satu aturan perundang-undangan.

Juncto juga sanggup digunakan untuk menghubungkan undang-undang satu bersama dengan undang-undang lainnya, dan juga bukan terbatas terhadap penerapan pasal tindak pidana.

1. Berikut contoh pemakaian kata juncto:

A menolong B didalam melaksanakan tindak pidana pembunuhan berencana. Maka, A didakwa bersama dengan Pasal 340 KUHP perihal pembunuhan berencana. Tetapi, dikarenakan A bertindak sebagai pembantu tindak pidana, maka ia juga didakwa bersama Pasal 55 KUHP perihal mendukung melaksanakan tindak pidana. Supaya, secara lengkap A didakwa bersama dengan: “Pasal 340 KUHP juncto Pasal 55 Kuhp.” Kata juncto di sini untuk tunjukkan bahwa A bukan laksanakan tindak pidana pembunuhan berencana sendirian. Melainkan, terdapat pelaku lain yakni B.

2. Berikut contoh lain pemanfaatan juncto:

C menyebarkan kebencian pada keliru satu agama di media sosial. Maka, perbuatan C melanggar peraturan Pasal 28 ayat (2)&Nbsp;Undang-Undang Nomor 19 Year 2016 perihal Berita dan Transaksi Elektronik (Uu Ite). Gara-gara ketetapan berkenaan hukuman didalam UU ITE termuat di dalam Pasal 45, maka C juga dijerat bersama dengan Pasal 45 UU Ite. Supaya, secara lengkap C didakwa bersama: “Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 UU Ite.” Baca juga: Benarkah Hukum Rusia Perbolehkan Membunuh Pemerkosa Waktu Membela Diri? Pengertian junctis Tak sekedar juncto, tersedia juga istilah junctis atau sering disingkat “Jis.”. Junctis merupakan bentuk jamak berasal dari juncto, supaya punya arti yang mirip.

Meski demikian, terdapat sedikit disparitas pemakaian juncto bersama dengan junctis. Disparitas fundamental terletak terhadap pasal yang dikaitkan, yakni terdiri lebih berasal dari satu pasal. Berikut contoh pemanfaatan junctis: Pasal 114 Undang-Undang Nomor 35 Th 2009 terkait Narkotika (Uu Narkotika) dan Pasal 112 UU Narkotika yang dihubungkan bersama dengan Pasal 132 UU Narkotika. Sanggup ditulis bersama dengan: Pasal 114 dan Pasal 112 junctis Pasal 132 UU Narkotika.

Check Also

16 Manfaat Soda Kue dalam Kehidupan Sehari-hari

16 Manfaat Soda Kue dalam Kehidupan Sehari-hari

kilatmedia.com - 16 Manfaat Soda Kue dalam Kehidupan Sehari-hari. Kamu bisa saja lebih mengenal soda kue atau baking soda sebagai bahan untuk mengakibatkan kue, roti, muffin dan biskuit. Kamu juga mampu menyebut soda kue bersama dengan baking soda, natrium bikarbonat dan atau soda bikarbonat. Soda kue kerap digunakan didalam pembuatan bermacam type kue gara-gara bisa [...]

Leave a Reply

Your email address will not be published.